HP/WA: 0811-410-8979 palembang@aliciaflorist.com

Sudah menjadi fakta bahwa bunga Melati atau Jasmin berbau wangi. Bukan sekedar harum melainkan merangsang indra. Kita mengenalnya sebagai baha baku minuman. Kepopuleran bunga ini sudah diantara masyarakat kawasan Asia. Mereka merupakan asli tropis, atau yang bersuhu hangat di seluruh dunia. Jika kita membahas mengenai bunganya berarti juga turunannya.

Kita mengenal teh Jasmin sebagai salah satu turunan. Wangi bunganya juga digunakan sebagai media spa dan terapi. Tidak jarang pula masyarakat menggunakan sebagai ornamen. Bunga melati atau jasmin berwarna utama putih tetapi adapula tidak. Ada yang berwarna kuning untuk beberapa spesies. Orang percaya bahwa bunganya berasal dari kawasan Himalay, Utara China.

Melati berbeda dari semua genera dari Oleceae, yang mana memiliki empat petal bunga, atau beberapa memiliki lima sampai enam petal cuping. Mereka biasa dimanfaatkan dari bunga yang wangi dan daunnya. Bau wangi dari bunganya akan berasa ketika malam tiba. Baunya berasa semenjak matahari turun, dan semakin terasa wangi ketika bulan telah nampak di atap langit.

Kucup bunga melati lebih wangi dibanding ketika mekar. Mereka mekar ketika masuk musim panas setelah ditanam. Fakta bunga melati yang jarang diketahui orang: Terdapat dua jenis tanaman yang ada di masyarakat, yakni bunga Jasmin asli dan palsu.

Keduanya sering disamakan karena sama- sama wangi. Tetapi Jasmin sebenarnya atau asli berasal dari keluarga Oleaceae. Mereka memiliki tanaman yang bersemak, atau merambat, dan tidak beracun. Bunga melati asli berbentuk kelopak oval, memanjang seperti pipa, daun mengkilat, dan bunganya berlilin. Sedangkan yang palsu merupakan bunga dari keluarga Logianiaceae.

Fakta Bunga Melati yang Jarang Diketahui

  1. Semak mereka bertinggi 10- 15 kaki, yang tumbuh kira- kira 12- 24 inci pertahun.
  2. Daun tanaman ini selalu tumbuh rimbun dan bisa gugur.
  3. Daunnya sederhana, daun muda 5- 9 buah pertangkai, panjangnya seinci atau dua.
  4. Batang daun berbentuk slinder, hijau, bersudut, dan hampir 4 sisi cabang.
  5. Kebanyakan warna bunganya putih dengan panjang 1 inci lebih.
  6. Minyak dari perasan bunganya terkenal sebagai minyak wangi.
  7. Varietas Jasminium Sambac atau Pikake, asal Hawaii, adalah tanaman kluster.
  8. J. Grandiflorum dan Officinale dapat diolah menjadi minyak.
  9. Nektar milik Jasminium Sempervirens mengandung racun baik ketika kering.
  10. J. Grandiflorum dan Officinale minyaknya digunakan untuk kosmetik, sabun, sampo, dan parfum.

Menanam Jasmin terbaik di kawasan tropis dan sub- tropis. Aspek yang terpenting dalam merawat tanaman Jasmin ialah temperatur. Anda harus melindungi tanamannya dari temperatur dingin. Jasmin adalah tanaman pagar yang wangi, yang melindungi dan membatasi. Mereka akan menjadi pembandangan indah selain melindungi, dengan warna bunga pink, putih, atau ivory.

Anda membutuhkan sedikit kerja keras untuk tanaman ini. Namun bunga yang tumbuh cantik akan membayarnya juga. Untuk menanam bunga Melati pilihlah tempat hangat, carilah situasi yang mendukung mereka tumbuh, karena tangkainya merambat mengikuti struktur. Semua jenis Melati atau Jasmin membutuhkan sinar matahari sedang, dan tanah yang moderat kualitasnya.

Perawatan bunga Jasmin tidak sukar tetapi harus rajin saja. Tangkai yang merambat itu sudah kuat sejak kecil setelah tumbuh. Anda bisa menggunakan alat untuk menegakan tanaman. Atau membiarkan tanamannya untuk tumbuh mengikuti pagar. Dengan nutrisi cukup mampu membuatnya tumbuh kuat. Alhasil dalam dua tahun saja sudah cukup menutupi satu pagar penuh.

Adapula jenis bunga kerdil yang dapat di tanam indoor. Tentu mereka butuh lebih banyak sinar matahari dan pelembab. Tangkai tanaman dapat tumbuh lumayan namun akan mudah untuk dirapikan. Karena ditanam indoor maka anda butuh pot bunga. Jika anda menanam tanaman dalam pot, berarti itu butuh nutrisi lebih. Berilah nutrisi penyubur dua kali lebih dan hati- hati hama.

error: Content is protected !!
WhatsApp WhatsApp untuk pemesanan
%d bloggers like this: