HP/WA: 0811-410-8979 palembang@aliciaflorist.com

Menanam tanaman merupakan kegiatan yang menyenangkan. Berikut tips menanam bunga mawar agar tumbuh baik. Pertama- tama tentukan dulu dimana anda akan menanam. Apakah anda akan menanam bunganya di taman atau di dalam pot. Menanam tanaman ini sangat mudah, yang terpenting apakah anda memiliki waktu dan apa tujuan anda menanam.

Apakah anda bermaksud menjadikannya tanaman hias. Maka menanam di dalam pot merupakan solusi terbaik anda. Ada dua cara menanam mawar: Menanam bunga mawar dari bibit yang siap tanam. Atau anda menanam melalui cara stek batang. Bibit tanam pun apakah anda membeli sudah berbentuk berakar atau biji utuh.

Menanam selain di taman juga ditempatkan di dalam pot. Kalau menanam di dalam media taman akan mudah dipindahkan. Fungsi sebagai tanaman hias pun lebih mudah dikembangkan. Jika digunakan untuk mempercantik halaman rumah juga bisa. Tanaman ini yang bersifat merambat dan berpohon lebat, cocok untuk digunakan sebagai penghias pagar anda.

Menanam di dalam pot juga dimaksudkan untuk dijual lagi. Apakah anda memiliki tujuan menanam untuk prospek bisnis. Maka carilah media tanam yang cocok untuk digunakan. Ada pot berbahan plastik yang murah dan mudah ditemukan. Tetapi lebih baik jika anda menggunakan pot berbahan tanah liat.

Berikut tips menanam bunga mawar agar tumbuh di pot:

  1. Menanamlah di dalam pot yang berbahan tanah liat. Atau berbahan plastik yang sudah dilubangi untuk bernafas. Pilihlah pot yang ukurannya sesuai dengan tanamannya. Akar tidak akan tumbuh baik jika ditanam di dalam pot yang tidak sesuai ukurannya.
  2. Jangan menanam banyak bunga mawar di satu pot kecil. Sirami teratur dan tempatkan ke tempat yang terkan sinar matahari pagi cukup. Kalau matahari mulai terik atau seitar pukul 11, anda pindahkan ke tempat yang lebih teduh agar tanaman tidak rusak.
  3. Bibit bunga bisa dipilih yang sudah siap tanam (bukan biji utuh) atau berupa stek. Campurkan tanah, pasir, dan pupuk yang sudah disiapkan. Taruh pecahan genting di dasar pot barulah campuran tanah itu. Tujuannya agar sisa air siraman cepat keluar dari dasar pot.
  4. Selain batang dan daun ternyata akar juga penting loh. Gantilah media tanam untuk menjaga kualitas akarnya. Gunting akar setiap 1 sampai 2 tahun sekali. Taukah anda akar mawar juga bisa terkena penyakit. Tipsnya ialah memberikan larutan asam bensoat pada air.

Parhatikan tips menanam bunga mawar agar tumbuh di atas. Perawatan yang baik ialah dari akar sampai ke ujung daun mawarnya. Siramilah teratur tetapi tidak berlebihan karena berbahaya. Air yang mengendap pada dasar akan membuat akar busuk. Inilah kenapa lubang pada pot sangatlah penting untuk dibuat jika tidak ada.

Menanam Mawar di Taman Rumah

Kemudian apa tips menanam bunga mawar agar tumbuh di taman. Cara menanamnya hampir sama dengan menanam di pot. Bedanya tanah yang disediakan lebih luas lahannya dan tanpa fentilasi. Anda tidak perlu membuat lubang atau menaruh pecahan genting. Yang perlu anda gali adalah apakah tanah yang ada memiliki kadar air baik.

Mawar tidak akan tumbuh di tanah yang terlalu gembur atau kering. Selain itu banyaknya sinar matahari sangat- sangat mempengaruhi pertumbuhan. Carilah tempat yang tidak terlalu terbuka namun cukup sorotan sinar matahari. Seperti menanam dibawah pagar rumah atau dibawah atap teras.

Kira- kira tanaman harus cukup terkena sinar matahari pagi. Tetapi juga tidak terpapar matahari siang yang bisa merusak tanaman. Berkala tanaman mawar harus dipangkas daun dan rantingnya. Pangkaslah yang sudah membusuk atau kering kelihatannya. Gunakan pupuk kandang yang terbebas zat kimia, meskipun jijik anda harus membiasakan diri.

Gunakan pestisida berkala tetapi tidak sering atau terus menerus. Waktunya sekitar 1- 2 kali dalam sebulan, dan konsisten jangan sampai lupa atau berlebihan. Begitulah beberapa tips yang kami kumpulkan mengenai menama mawar. Apakah menanam mawar di pot ataupun di kebun, keduanya tergantung dengan kebutuhan anda sebagai florist.

error: Content is protected !!
WhatsApp WhatsApp untuk pemesanan
%d bloggers like this: